Jumat, 05 Desember 2008

wortel dan bayam bisa cegah kanker

DENPASAR - Makanan bayi, tidak hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan, tetapi juga bisa mencegah berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Zat antikarsinogen ini bersifat protektif, melindungi bayi yang mengonsumsinya dari timbulnya kanker.
Makanan yang banyak mengandung zat antikarsinogen adalah sayur dan buah-buahan. Utamanya yang banyak mengandung vitamin A (karoten), vitamin C, vitamin E, asam folat, dan mineral-mineral, seperti selenium, kalsium, magnesium dan seng. Juga bahan-bahan yang mengandung asam folat, alkigliserol, dll.

“Betakaroten, vitamin C, vitamin E dan selenium dikenal sebagai zat antioksidan yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan radikal bebas yang membentuk karsinogen (substansi yang dapat menimbulkan kanker), termasuk menghalangi rusaknya sel normal lainnya,” ungkap Guru Besar Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Prof dr Fathimah Muis MSc, Sp.GK.

Pada binatang percobaan terbukti bahwa zat antioksidan tersebut dapat menghambat kerusakan kromosom, tahap promosi tumor, transformasi sel dan rangsangan terbentuknya kanker secara kimia atau radiasi. “Betakaroten banyak terdapat pada sayuran berwarna kuning seperti wortel dan labu kuning,” Prof Fathimah memberi contoh.

Katanya, vitamin C banyak dijumpai pada berbagai macam buah-buahan, utamanya jeruk, jambu biji, jagung, minyak nabati, dan sereal. Sedangkan selenium banyak terdapat pada daging, kerang, sereal, dan produk ternak.

Prof Fathimah meneruskan, “Vitamin B3 (niasin) juga dapat mencegah kanker. Vitamin ini biasanya diberikan pula pada penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi, untuk mengurangi efek toksis (peracunan) dari kemoterapi itu sendiri.”

Menurutnya, Niasin banyak terkandung dalam daging sapi, ayam, kacang-kacangan, ikan, daging tak berlemak, telur dan alpukat. Sedangkan penelitian ahli lain, menunjukkan suplemen vitamin D dalam bentuk aktifnya (1,25-hidroksi) dapat menghambat pengadaan sel kanker. Semakin tinggi vitamin D dalam darah (dalam bentuk 25-hidroksi vitamin D), semakin rendah risiko terkena kanker kolon atau usus besar. Vitamin ini terutama banyak dijumpai pada mentega, susu, kuning telur, hati, beras dan ikan.

Menurut beberapa penelitian, wanita penderita kanker serviks (mulut rahim) kadar asam folat dalam darahnya rendah. Dengan suplementasi asam folat, peubahan abnormal sel-sel mulut rahim, yang dapat menyebabkan kanker mulut rahim dapat dicegah. Asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau (brokoli, bayam, asparagus), biji-bijian, hati, kacang polong, buncis.

Kalsium (Ca) sebagai salah satu golongan mineral yaang berperan dalam proses perkembangbiakan sel pada lapisan mukosa kolon manusia, karena masuknya kalsium yang cukup tinggi dapat mengurangi resiko terkena kanker kolon. Kalsium banyak terdapat pada susu, yoghurt, keju, bayam dan brokoli.

Penelitian yang pernah dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan, kekurangan magnesium (Mg) pada diet hewan percobaan dapat meningkatkan perkembangan terjadinya kanker tenggorongan dan kanker kulit luar.

Mineral lain yang berperan dalam melawan kanker adalah seng (Zn). Ditemukan bahwa seseorang yang menderita kanker tenggorokan memiliki kadar seng yang rendah dalam darahnya. Namun hal ini belum diketahui dengana pasti apakah kekurangan seng merupakan sebab atau akibat dri kanker ini.

Dalam kasus kanker prostat pada pria, juga ditemukan kadar seng yang rendah dalam kelenjar prostat dan terjadi sekresi kelenjar prostat itu sendiri. Sehinggaa para ahli beranggapan seng merupakan perlindungan dalam melawan penyakit kanker prostat, makanan sehari-hari yang banyak mengandung seng dapat ditemukan misalnya pada makanan yang berasal dari hewan seperti daging ayam, sapi, telur, biji-bijian, roti, susu dan olahannya.

1 komentar:

Sandy Rachmad mengatakan...

Hai, Salam kenal juga, namaku sandy Tinggal di Dps, kalo sempet kita chating aja ya di jualanonline2000@yahoo.com

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA BER MANFAAT

kesehatan sangat lah penting bagi mahluk hidup di dunia, jadi kita haruslah menjaga kesehatan kita untuk mendapatkan hibup yang lebih baik